Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian
Universitas Sumatera Utara
previous arrow
next arrow
PlayPause
Slider

215 Mahasiswa USU Ikuti ON MIPA - PT 2018

Medan – USU : Pelaksanaan kegiatan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA – PT) kembali digelar. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong peningkatan prestasi mahasiswa serta kemampuan Akademik, wawasan dan kecintaan mahasiswa terhadap bidang studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

IMG 7005

Selain menjaring prertasi mahasiswa, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan masukkan bagi perbaikan mutu Pendidikan Tinggi khususnya dibidang MIPA serta sebagai sarana promosi dalam rangka meningkatkan daya tarik bidang studi, atau mata kuliah Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi di masyarakat. Demikan disampaikan Kepala Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian (BKK) USU Hotma Karo – Karo, SE ketika memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan ON MIPA PT Tingkat Uiniversitas Sumatera Utara yang berlangsung di Aula Fakultas Farmasi USU pada Rabu (28/2/2018).

Hotma juga menambahkan bahwa Kegiatan ON MIPA ini terbagi kedalam 3 tahapan yaitu :

Tahap I : Tingkat Perguruan Tinggi yang akan menghasilkan 7 mahasiswa terbaik pada masing masing bidang.

Tahap II   : Tingkat wilayah yang akan menghasilkan 64 mahasiswa terbaik.

Tahap III : Tingkat Nasional yang akan menghasilkan 20 mahasiswa terbaik.

IMG 7013

“Biro Kemahasiswaan dan kealumnian USU telah melaksanakan kegiatan Seleksi ON MIPA PT bagi mahasiswa Universitas Sumatera Utara untuk tahap I. Melalui seleksi ini akan terjaring 7 orang mahasiswa yang akan mewakili USU di Tingkat Wilayah Tahap II yang akan dilaksanakan oleh Kopertis Wilayah I. Tentunya harapan kita semua, seluruh wakil USU dapat lolos ke tahap III di Tingkat Nasional” ungkap Hotma.

Acara ini dihadiri oleh 215 orang peserta ON MIPA yang berasal dari beberapa Fakultas yang ada di USU, diantaranya: Fakultas Pertanian 21 orang, Fakultas Teknik 52 orang, Fakultas MIPA 86 orang, Fakultas Farmasi 93 orang dan Fakultas Kehutanan 44 orang. Para peserta tersebut terbagi kedalam 4 Bidang yang akan di ujikan yaitu ; Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.

Turut hadir dalam kegiatan ini Koordinator Juri Dr. Nursahara Pasaribu, M.Sc, dan 8 orang juri ON MIPA 2018 yaitu ; Dr. Saleha Hanum, M.Si, Prof. Dr. Dwi Suryanto, M.Sc, Dr. Suyanto, M.Kom, Prof. Dr. Tulus Vor. Dipl. Math., M.Si, Dr. Cut Fatima Zuhra, M.Si, Saharman Gea, S.Si, M.Si., Ph.D, Dr. Perdinan Sinuhaji, M.Si dan Dr. Tulus Ikhsan Nasution, S.Si., M.Sc.

IMG 7012

Seperti yang dilansir melalui http://belmawa.ristekdikti.go.id bahwa saat ini Direktorat Kemahasiswaan ristekdkti sedang melakukan berbagai program untuk mencapai indikator kinerja program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, terutama pada pemenuhan jumlah mahasiswa berprestasi.

Dalam rangka mendorong peningkatan prestasi mahasiswa tersebut maka Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan,Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan berbagai kegiatan fasilitasi yang salah satunya adalah Olimpiade Nasional bidang Matematika dan IPA Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT). (Andi/BKK)