line green usu

 

line green usu

A. LATAR BELAKANG
Pemilihan mahasiswa berprestasi telah dimulai sejak tahun 1986 yang dalam pelaksanaannya mengalami pasang surut termasuk pergantian nama atau istilah dan akronim. Penggunaan istilah pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) dimulai tahun 2004 yang kemudian pada tahun 2017 dimulai dengan akronim Pilmapres. Pilmapres dinilai telah memberikan dampak positif pada budaya berprestasi dan menghargai prestasi serta karya mahasiswa, termasuk model pembinaan mahasiswa di kalangan perguruan tinggi dan secara langsung atau tidak langsung dapat mengangkat martabat mahasiswa dan perguruan tingginya.

Pilmapres akan terus ditingkatkan kualitasnya dalam rangka memberikan motivasi berprestasi di kalangan mahasiswa dan menciptakan budaya akademik yang lebih baik. Selain itu, diharapkan proses pemilihan ini dapat diadopsi menjadi sebuah sistem pembinaan prestasi di perguruan tinggi.

Oleh karena itu, Universitas Sumatera Utara melalui bidang Kemahasiswaan mengadakan suatu proses pemilihan mahasiswa berprestasi di Tingkat Fakultas maupun Universitas yang nantinya 3 (tiga) orang terbaiknya akan menjadi wakil Universitas Sumatera Utara dalam mengikuti seleksi pemilihan mahasiswa berprestasi di tingkat wilayah maupun nasional.

Dalam konsep kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi yang dilakukan pada tahun ini melakukan beberapa perubahan yang diharapkan dapat mendongkrak kualitas dan kompetensi dari peserta yang nantinya akan mewakili Universitas Sumatera Utara mengikuti seleksi di tingkat wilayah maupun nasional.

 

B. DASAR HUKUM
1. Undang-Undang Nomor Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 154 Tahun 2014 tentang Rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Gelar Lulusan PerguruanTinggi.
7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No 17 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi.

 

C. TUJUAN KEGIATAN
1. Memilih dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang meraih prestasi tinggi dalam kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
2. Memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler sebagai wahana menyinergikan hard skills dan soft skills mahasiswa.
3. Mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan budaya akademik yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi yang membanggakan secara berkesinambungan.

 

D. PENUTUP
Pelaksanaan Pilmapres merupakan salah satu upaya untuk mendorong tumbuh-kembangnya kegiatan akademik yang baik sebagai bagian dari upaya menegakkan dan mengembangkan budaya akademik di lingkungan perguruan tinggi khususnya pengembangan budaya berkompetisi dan berprestasi secara sehat.
Kegiatan ini disampaikan dalam pelaksanaan Pilmapres di tingkat perguruan tinggi dengan tetap memperhatikan situasi dan kondisi masing-masing, sehingga proses pemilihan dapat berjalan dengan baik.
Kriteria dan prosedur yang digunakan dalam kegiatan Pilmapres ini akan terus diperbaiki agar lebih sempurna, untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan.
Kepada seluruh pihak yang selalu aktif mengikuti atau mengirimkan peserta ke kegiatan ini kami ucapkan terima kasih. Semoga niat baik dan kerja kita dapat menjadi kontribusi nyata terhadap peningkatan mutu lulusan, pendidikan tinggi dan daya saing bangsa.